SUKSES PK ONLINE KKG PAI KEC. BANTUL


Rabu, 07 Maret 2018, KKG PAI Kecamatan Bantul bersama dengan KKG, FKG dan MGMP seluruh Kabupaten Bantul melaksanakan PK (Pemetaan Kompetensi) secara Online. Kegiatan PK Online KKG PAI Kecamatan Bantul bertempat di SD  Ringinharjo Bantul. Pada kesempatan ini, PK Online di SD Ringinharjo dihadiri oleh pengawas PAI Bapak M Abdul Rofiqi, S.Ag, MA, M.Sc. PK Online di SD Ringinharjo dibagi menjadi 3 tempat, dengan tujuan mencari koneksi wifi yang kuat. 
 Ruang I  26 GPAI dari SD dan TK dengan 2 operator

 Ruang II, ada 14 GPAI dengan 1 operator

Ruang III, ada 15 GPAI dengan 1 operator

Acara Pembukaan PK Online dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan dari Bapak M Abd Rofiqi, S.Ag, MA, M.Sc. Inti dari sambutan, bahwa program PK Online ini merupakan pemetaan Kompetensi untuk Guru PAI yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. 

Acara  dilanjutkan dengan cek koneksi internet. Koneksi internet semua lancar. Sebagian besar menggunakan sambungan internet dari SD Ringinharjo. 
Ditengah membuka situs PK Online, ada insiden listrik off, sehingga harus mengulang koneksi dari awal. 

Kendala ini muncul dikarenakan voltase listrik tidak memadai. Integritas Bapak pengawas terlihat saat menghadapi kendala seperti ini. Beliau tak segan turun tangan ikut bongkar pasang colokan, dan memastikan pasokan listrik aman. Setelah aman listrik dan koneksi intenet, password untuk membuka soal ujian PK Online pun dibagikan oleh Bapak Abd Rofiqi.

Ujian PK Online berdurasi 120 menit. mulai dari pukul 09.00 - 11.00 WIB. Sampai pukul 10.30 semua peserta mengerjakan dengan lancar tanpa kendala. Tepat pukul 10.30 WIB, salah satu peserta kehilangan koneksi internet. Jadi ketika akan melanjutkan mengerjakan pada kompetensi berikutnya gagal. Dan konsekuensinya harus mengulang dari awal, yaitu pengisian identitas peserta. 

Satu peserta tertangani, muncul dua peserta lagi yang megalami kendala sama. koneksi internet putus, dan harus mengulang dari awal. Jadi memang harus diperhartikan bahwa ketika koneksi internet putus, tidak perlu klik apapun, urus dahulu koneksi internet sampai tersambung, baru klik lanjut atau klik menjawab soal. Kedua peserta yang mengalami kendala internet tadi akhirnya bisa mengerjakan kembali pada pukul 11.05 WIB. Dan alhadulillah lancar, selesai semua pada pukul 11.30 WIB.

Kesan yang mendebarkan mengikuti PK Online ini. Semoga pelaksanaan PK Online KKG di Kecamatan lain berjalan lancar juga, begitu juga dengan FKG, dan MGMP PAI Kabupaten Bantul.

Akhirnya, dengan penuh lika-liku, PK Online selesai dengan hati yang 'plong' :)
Terimakasih untuk SD Ringinharjo yang telah menyediakan segala fasilitas, terimakasih untuk Pengawas PAI Bapak M Abdul Rofiqi, S.Ag, MA, M.Sc. yang telah mendampingi PK Online dari awal sampai akhir. 
Pengawas PAI, Bapak M Abd Rofiqi, S.Ag, MA, M.Sc membantu peserta yang kehilangan koneksi internet untuk login PK Online
Ibu Wijiyati, KS SD Ringinharjo Ibu Margiyati, Bapak Arwan Susanto, Bpk Abd Rofiqi, Bpk Nur Iskandar, Ibu Ulfah, Ibu Mutmainah -- Para Operator



Share:

5 komentar:

  1. Semangat dan selamat serta sukses kpd GPAI SD se Kec. Bantul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih Pak Rofiqi atas semua dukungan, dampingan, dan semangatnya, sukses, sehat buat njenengan dan keluarga. aamiin

      Hapus
    2. aamiin..terima kasih pak rofiqi...

      Hapus
  2. aamiin... matur nuwun Bapak..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Petuah

“Orang yang bodoh itu mati sebelum ia mati, sedangkan orang yang berilmu tetap hidup walaupun ia telah mati.” (Ta'lim al-Muta'allim)